Ekonomi
Manajerial
CV. Rabbani Asysa (Rabbani)
Diajukan
untuk memenuhi salah satu tugas
Dosen
Dr. Horas Djulius, SE
![]() |
| Add caption |
Elsa
Gustiany M 114030044
Deden
Priyadi 114030047
Ekonomi
Pembangunan B 2011
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASUNDAN EKONOMI
PEMBANGUNAN
JL. TAMAN SARI NO. 6-8 TLP. 4233646 BANDUNG
2014
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami
panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,
karena atas Rahmat dan Ridho-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan
karya tulis yang sederhana ini dalam waktu yang singkat dan tak lupa shalawat
serta salam marilah kami
curahkan ke junjungan Nabi Muhammad SAW.
Adapun
tujuan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial di Universitas Pasundan Bandung. Dalam
penyusunan Makalah ini kami banyak mendapatkan bantuan dan sumber yang berasal
dari:
1.
Manajer Produksi Rabbani
2.
Google.co.id
3. Dr. Horas Djulius, SE
Semoga
bimbingan dan saran dari Ibu / Bapak dan
teman – teman serta semua pihak yang terkait langsung dalam penyelesaian
Makalah ini, mendapat imbalan dari Tuhan Yang Maha Esa.
Akhirnya,
kami
berharap Makalah ini, dapat menjadi bahan informasi yang berharga dan
bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Bandung, April
2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Rumusan
Analisis 1
1.2 Tujuan
Penulisan 1
1.3 Metode
dan Teknik Penulisan 1
1.3.1
Metode Penulisan 1
1.3.2
Teknik Penulisan 1
BAB
II REVIEW TEORI
2.1 Profil Perusahaan 2
2.2
Visi, Misi dan Nilai – Nilai Dasar 2
2.3 Struktur Organisasi 3
2.4 Kegiatan Usaha Rabbani 3
BAB
III ANALISIS
3.1 Faktor
– Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan 4
3.1.1 Faktor Internal 4
3.1.2 Faktor Eksternal 6
3.2 Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi
Penawaran 7
3.2.1
Faktor Internal 7
3.2.2 Faktor Eksternal 8
3.3 STP (Segmenting Targeting Possitioning) 8
3.4 SWOT (Strenght
Weakness Opportunity Threats) 10
3.4.1 SAP (Strategic Advantages Profile) 10
3.4.2 ETOP (Environmental Threat and
Oppurtunity Profile) 11
3.5 Strategi 13
BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
4.1 Kesimpulan 14
4.2 Saran-saran
14
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Rumusan Analisis
a.
Faktor – faktor yang mempengaruhi
permintaan ?
b.
Faktor – faktor yang mempengaruhi
penawaran ?
c.
Apa saja yang Segmenting Targeting
Possitioning perusahaan ?
d.
Apa saja yang Strenght
Weakness Opportunity Threats ?
e.
Bagaimana strategi yang dilakukan oleh
Rabbani kedepanya agar perusahaanya lebih baik ?
1.2 Tujuan Penulisan
Tujuan khusus pembuatan makalah ini adalah untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial dan memberikan informasi khususnya kepada
seluruh teman – teman mahasiswa semuanya
yang ada dilingkungan Universitas Pasundan khususnya jurusan Ekonomi
Pembangunan 2011
1.3 Metode
dan Teknik Penulisan
1.3.1
Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah menggunakan metode deskripsi.
Metode deskripsi adalah metode yang menggambarkan, memaparkan dengan
menjelaskan apa yang diperoleh dari
media dan wawancara langsung.
1.3.2 Teknik Penulisan
Teknik
Penulisan yang kita gunakan adalah Studi Pustaka yaitu penulis membaca buku -
buku serta sumber-sumber lainnya yang berhubungan dengan makalah ini dan wawancara
lansung keperusahaan Rabbani.
BAB II
REVIEW TEORI
2.1
Profil Perusahaan
Rabbani
adalah outlet busana yang di kenal oleh konsumennya sebagai penyedia busana
muslim. Berdiri di kota Bandung sejak tahun 1994 yang merintis kegiatan
promosinya hanya dengan sebatas lewat mulut ke mulut, penyebaran brosur dan
leaflet. Setahun kemudian pada tahun 1995 pindah ke Jl. Dipatiukur. Tahun 2000
mulai adanya agen – agen penjualan dan bermunculannya outlet–outlet busana muslim lain yang menjadi pesaing, maka
Rabbani pun mulai beriklan di majalah Sabili dan Ummi.
Rabbani merupakan perusahaan
garment yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline
Professor Kerudung Indonesia. Sewaktu awal didirikan, Rabbani ingin merubah
paradigma sebagian besar masyarakat yang memandang bahwa wanita yang memakai
busana muslim itu kurang modis. CV.
Rabbani Asysa (Rabbani) Berkantor pusat di Jl. Dipati Ukur No.44 Bandung dengan
nomor Telp. 022-2534407; 2534558 Fax. 022-2504230.
Logo Perusahaan
![]() |
| Add caption |
2.1
Visi, dan Misi
Visi
Menjadi Perusahaan Kerudung terbesar
di dunia dan teratas dalam kualitas..
Misi
1.
Menjadi ikon mode syari’ah international.
2. Fashion Dunia Dengan Syariah.
2.3
Struktur
Organisasi
Struktur perusahaan Rabbani busana muslim terdiri dari
Direktur dan wakil direktur yang dalam menjalankan operasional perusahaan di
bantu oleh empat manager fungsional yaitu manager marketing, manager human
general, manager finance dan accounting, dan manager produksi. Dalam
menjalankan tugasnya, setiap manajer dibantu oleh bagian masing -masing
depertemen seperti departemen
marketing yang terdiri dari inventory,
service delivery, dan marketing enlighment, marketing outlet, marketing branch, dan marketing communication. Sedangkan divisi desain berada dibawah marketing communication.
2.4 Kegiatan Usaha Rabbani.
Di awal perintisan, Rabbani hanya memiliki satu karyawan
untuk melayani konsumen. Tahun berikutnya pun tidak terlalu ada perubahan dan
perkembangan yang mencolok. keadaan tersebut sama sekali tidak menyurutkan
motivasi dalam meningkatkan kualitas dan desain produk – produknya.
Seiring dengan berjalannya waktu, inovasi yang berbeda dengan
produk pesaing akhirnya menghasilkan perkembangan yang pesat. Rabbani mulai
diterima oleh pasar dan memiliki pelanggan yang terus bertambah dari hari ke
hari sehingga outlet utamanya
itu tidak mampu lagi menampungnya . Rabbani terpaksa membangun outlet yang lebih dengan nama Rabbani
Moslem High Fashion. Tahun 2007 Rabbani berhasil membangun gedung Rabbani
Holding sebagai kegiatan produksi.
Selain perubahan nama, Rabbani memfokuskan diri dalam
membidik segmentasi pasarnya, Rabbani membidik pasar untuk kalangan menengah.
Sedangkan perkembangan dari aspek pemasarannya, Rabbani mengembangkan strategi
pemasarannya dengan pendekatan langsung ke end user (konsumen) dengan membuka dua outlet cabang (Depok
tahun 2000 dan Jatinangor tahun 2004). Rabbani juga membina network pemasaran yaitu membuka mitra
dealer atau distributor tunggal per kota atau kabupaten. Hal ini di tandai
dengan penambahan jumlah agen dari 100 agen menjadi 185 agen pada tahun 2006
dan mengembangkan network pengembagan
outlet atau reSHARE (singkatan
dari “Retail Outlet Syariah” yaitu cabang Rabbani sebanyak 6 reSHARE pada tahun 2006 Rabbani
melakukan ekspansi yang besar.
BAB III
ANALISIS
3.1
Faktor – faktor yang mempengaruhi Permintaan
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap produk rabbani
diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal dan eksternal
diantaranya sebagai berikut :
3.1.1 Faktor Internal
a. Produk
Rabbani
mempunyai keunggulan yang dapat mempengaruhi terhadap permintaan produk rabbani
diantaranya model dan ragam produk. Pada model rabbani mempunyai beberapa model
yang terus diperbaharui setiap saat dengan begitu rabbani mempunyai model yang
banyak pada macam – macam kerudung, baju muslim maupun yang lainnya dan pada
ragam produk rabbani mempunyai produk yang cukup banyak diantanya baju koko,
busana anak, kastun, gamis, kerudung instan, ciput kerudung dan kaos islami.
b. Lokasi
Rabbani berlokasi Jl.
Dipati Ukur No.44 Bandung, lokasi yang strategis membuat Rabbani sering
dikunjungi konsunen. Akses untuk menuju ke rabbani sangat mudah dilalui baik memakai kendaraan umum maupun kendaraan
pribadi selain dari pada itu lokasi Rabbani dekat dengan kampus – kampus,
kantor – kantor perusahaan baik pemerintahan dan swasta.
c. Harga
Harga produk Rabbani yang relatif terjangkau
karena Rabbani membidik pasar untuk kalangan menengah. Harga ciput kerudung
Rp. 10.000 – Rp. 25.000, kerudung instan Rp. 25.000 – Rp. 120.000, kaos islami
Rp. 99.000, baju koko (kemko) Rp. 110.000 – Rp. 200.000, kastun Rp. 150.000 –
Rp. 200.000, busana anak Rp. 200.000 – Rp. 250.000 dan gamis Rp. 250.000 – Rp.
400.000.
![]() |
| Add caption |
![]() |
| Add caption |
d. kenyamanan
Rabbani
memiliki banyak fasilitas seperti ATM, parkir yang luas, satpam dua, cctv
didalam dan diluar toko. Selain dari pada memiliki fasilitas yang banyak
Rabbani juga pelayananya memuaskan dari mulai pelayanan yang ramah, sabar saat
melayani konsumen. Dri kenyamanan inilah banyk konsumen yang datang keRabbani
mulai dari masyarakat Bandung sendiri sampai masyarakat luar kota Bandung
seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan kota lainnya.
3.1.2 Faktor Eksternal
a.
Keamanan
Jika diukur dari tingkat keamanan baik didalam toko maupun
diluar toko (parkiran) Rabbani merupakan tempat belanja yang cukup aman karna
mempunyai dua satpam yang berpengalaman serta cctv diluar dan didalam toko yang
dapat memantau semua kegiatan yang ada diRabbani. Sehingga konsumen merasa aman
jika berbelanja di Rabbani.
b.
Selera
Selera setiap konsumen berbeda – beda terhadap produk
Rabbani, konsumen yang datang baik bagpaker dari masyarakat Bandung dan
berkelompok dari masyarakat Bandung dan luar kota Bandung sangat banyak.
c.
Pendapatan Pengunjung
Harga produk Rabbani yang terjangkau oleh kalangan masyarakat
menengah yang termasuk menengah – bawah, menengah – menengah dan menengah –
atas. Pada umumnya pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, kendaraan
pribadi baik motor dan mobil mempunyai pendapatan yang berbeda – beda, bila
dilihat dari tingkat pembelian yang tinggi maka pengendara mobil yang
berbelanja banyak karena selain dari masyarakat Bandung banyakn juga masyarakat
luar kota Bandung yang berbelanja menggunakan kendaraan mobil.
3.1 Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi penawan terhadap produk rabbani diantaranya
faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal dan eksternal diantaranya
sebagai berikut :
3.1.1
Faktor
Internal
a. Harga barang itu sendiri
Harga barang atau produk-produk dari
Rabbabi pun merupakan salah satu yang mempengaruhi penawaran produk Rabbani.
Apabila harga produk Rabbani meningkat maka penawaran akan produk Rabbani akan
tinggi.
b. Inovasi
Inovasi yang dilakukan pada Rabbani akan
mempengaruhi terhadap penawaran karena dengan adanya inovasi pada produk
Rabbani maka produk tersebut akan bertambah sehingga penawaran terhadap produk
Rabbani akan meningkat.
3.1.2
Faktor Eksternal
a. Harga faktor produksi
Harga faktor produksi pun sangat berpengaruh
terhadap penawaran dari produk Rabbani, apabila ada harga faktor produksi
seperti bahan baku dan lainnya yang naik maka akan menyebabkan pengurangan
penawaran dari produk Rabbani.
b. Pesaing
Pada faktor ekternal terhadap
pesaing yang dapat mempengaruhi terhadap penawaran, dengan adanya pesaing pada
produk yang sama umumnya baju muslim maka akan mempengaruhi tingkat penawaran
terhadap produk dari Rabbani
3.2 STP
(Segmenting Targeting Positioning)
Dari STP maka dapat diartikan
adalah sebagai berikut :
1.
Segmentation: Adalah upaya memetakan
atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka.
Pemilahan ini bisa berdasarkan jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, gaya
hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
2.
Targeting: Setelah memetakan
pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana
yang akan kita sasar bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, budaya, pendidikan,
dan penghasilan.
3.
Positioning: Apabila target pasar
sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada
konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja
keunggulannya misalnya pada penunjang tempat penjualan produk tersebut seperti
ATM, gtempat parkir yang luas dan lain sebagainya.
Dari hasil pengertian Segmenting
Targeting dan Positioning maka Rabbani akan dijelaskan satu persatuan, sebagai
berikut :
a.
Segmentasi
Rabbani tidak menetapkan wilayah
sasaran geografik jadi semuanya. Dapat melayani semua segmen pasar, pendidikan,
umur, aktifitas, dan pendapatan.
b. Targeting
Khususnya beragama muslim, usia 5 tahun – 55 tahun,
semua budaya yang berada di Indonesia, pendapatan < Rp. 1.600.000, dan
siswa, mahasiswa, pekerja.
c.
Positioning
Rabbani cenderung
lebih unggul dibandingkan produk yang sama karna dari segi penunjang dan posisi
Rabbani sangat strategis seperti dekat dengan perkantoran diantaranya Telkom,
Pertamina, kantor Gubernur Jawa Barat dan lain – lain, kampus diantaranya
Unpad, Unikom, dan STHB, tempat makan, 3
ATM, tempat parkir yang luas, satpam 2 orang dan cctv didalam dan diluar toko.
Selain dari pada itu Rabbani juga memiliki berbagai keunggulan dan berbagai
jenis dalam produknya dari mulai ciput kerudung, kerudung instan, kaos islami, baju koko
(kemko), kastun, busana anak dan gamis.
3.5
Strategi
Dari faktor – faktor yang
mempengaruhi terhadap permintaan dan penawaran, analisis Segmenting Targeting
Positioning dan analisis Strenght Weaknes Threats Opportunity untuk kedeapannya
perusahaan Rabbani akan lebih baik (membaik) karena pada tahun selanjutnya
Rabbani akan membuat kawasan terpadu yang didalamnya terdapat swalayan,
pesantren, pabrik produksi, toko, perumahan dan penunjang lainnya sehingga
penduduk yang menempati disana bila membutuhkan keperluan sudah disediakan
dikawasan tersebut diantaranya produk dari Rabbani sudah terdapat di kawasan
tersebut selain dari pada itu Rabbani juga akan membuat produk edisi umroh dan
haji jadi pakaian muslim untuk keperluan umroh dan haji akan disediakan oleh
Rabbani. Maka dengan begitu pada tahun selanjutnya perusahaan Rabbani akan
lebih baik dan keuntungan perusahaan akan naik.
BAB
IV
KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
4.1 Kesimpulan
Rabbani
adalah outlet busana yang di kenal oleh konsumennya sebagai penyedia busana
muslim. Berdiri di kota Bandung sejak tahun 1994.
Faktor yang mempengaruhi permintaan
terhadap produk rabbani diantaranya faktor internal dan faktor eksternal,
faktor internal dan eksternal. Faktor Internal diantaranya Produk, Lokasi, Harga, dan kenyamanan.
Faktor
Eksternal diantaranya Keamanan,
Selera
dan Pendapatan Pengunjung
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
penawaran terhadap produk rabbani diantaranya faktor internal dan faktor
eksternal, faktor internal diantaranya Harga
barang itu sendiri dan Faktor Eksternal Harga faktor produksi
STP
(Segmenting Targeting Positioning), Segmentasi, Rabbani
tidak menetapkan wilayah sasaran geografik jadi semuanya. Dapat melayani semua
segmen pasar, pendidikan, umur, aktifitas, dan pendapatan. Targeting, Khususnya
beragama muslim, usia 5 tahun – 55 tahun, semua budaya yang berada di
Indonesia, pendapatan < Rp. 1.600.000, dan siswa, mahasiswa, pekerja. Positioning, Rabbani
cenderung lebih unggul dibandingkan produk yang sama karna dari segi penunjang
dan posisi Rabbani sangat strategis seperti dekat dengan perkantoran
diantaranya Telkom, Pertamina, kantor Gubernur Jawa Barat dan lain – lain,
kampus diantaranya Unpad, Unikom, dan STHB, tempat makan, 3 ATM, tempat parkir yang luas, satpam 2
orang dan cctv didalam dan diluar toko. Selain dari pada itu Rabbani juga
memiliki berbagai keunggulan dan berbagai jenis dalam produknya dari mulai ciput kerudung, kerudung instan,
kaos islami, baju koko (kemko), kastun, busana anak dan gamis.
4.2 Saran-saran
Jika didalam makalah ini terdapat
kesalahan atas kelalaian penulis, maka penulis mohon maaf yang
sebesar-sebesarnya. Karena penulis sadar bahwa penulis sendiri masih jauh dari
sempurna, dan sadar masih banyak kekurangan dan keterbatasan pengetahuan, sehingga
makalah ini belumlah sempurna.
Senang dapat bekerja sama dan berbagi
ilmu dengan teman kelompok. Terimakasih juga kepada Ibu Nani selaku Manajer
produksi Rabbani yang telah membantu sehingga makalah kelompok kami bisa
selesai mulai dari wawancara dengan meluangankan waktunya dan dosen mata kuliah Ekonomi Manajerial Bapak Dr.
Horas Djulius, SE.
DAFTAR
PUSTAKA
Wawancara
langsung dengan Manajer Produksi Rabbani




terimakasih atas info menariknya Kak, sangat bermanfaat...
BalasHapusSoftware Kasir Android Gratis