Jumat, 27 Juni 2014

Makalah Analisis SWOT CV. Rabbani Asysa (Rabbani)







Ekonomi Manajerial
CV. Rabbani Asysa (Rabbani)
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Dosen
Dr. Horas Djulius, SE






Add caption

Elsa Gustiany M             114030044
Deden Priyadi                114030047

Ekonomi Pembangunan B 2011
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASUNDAN EKONOMI PEMBANGUNAN
JL. TAMAN SARI NO. 6-8 TLP. 4233646 BANDUNG
2014

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,  karena atas Rahmat dan Ridho-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan karya tulis yang sederhana ini dalam waktu yang singkat dan tak lupa shalawat serta salam marilah kami curahkan ke junjungan Nabi Muhammad SAW.
Adapun tujuan makalah ini  untuk memenuhi tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial di Universitas Pasundan Bandung. Dalam penyusunan Makalah ini kami banyak mendapatkan bantuan dan sumber yang berasal dari:
1.     Manajer Produksi Rabbani
2.     Google.co.id
3.     Dr. Horas Djulius, SE
Semoga bimbingan dan saran dari Ibu / Bapak  dan teman – teman serta semua pihak yang terkait langsung dalam penyelesaian Makalah ini, mendapat imbalan dari Tuhan Yang Maha Esa.
Akhirnya, kami berharap Makalah ini, dapat menjadi bahan informasi yang berharga dan bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Bandung,   April  2014


Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                                           i
DAFTAR ISI                                                                                                              ii
BAB I              PENDAHULUAN                                                                 
1.1  Rumusan Analisis                                                                                    1
1.2  Tujuan Penulisan                                                                                      1
1.3  Metode dan Teknik Penulisan                                                                  1
1.3.1       Metode Penulisan                                                                        1
1.3.2       Teknik Penulisan                                                                          1

BAB II            REVIEW TEORI
2.1    Profil Perusahaan                                                                                    2
2.2  Visi, Misi dan Nilai – Nilai Dasar                                                          2
2.3  Struktur Organisasi                                                                                  3
                        2.4  Kegiatan Usaha Rabbani                                                                         3

BAB III           ANALISIS
                        3.1  Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan                                 4
                                    3.1.1 Faktor Internal                                                                           4
                                    3.1.2 Faktor Eksternal                                                                                    6
                        3.2 Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran                                   7
3.2.1 Faktor Internal                                                                           7
                                    3.2.2 Faktor Eksternal                                                                                    8
                        3.3 STP (Segmenting Targeting Possitioning)                                              8
                  3.4 SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threats)                                  10
                                    3.4.1 SAP (Strategic Advantages Profile)                                         10
                                    3.4.2 ETOP (Environmental Threat and Oppurtunity Profile)          11
                        3.5 Strategi                                                                                                     13
BAB IV           KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
                        4.1       Kesimpulan                                                                                        14
                        4.2       Saran-saran                                                                                         14
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN






















BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Rumusan Analisis

a.      Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan ?
b.     Faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran ?
c.      Apa saja yang Segmenting Targeting Possitioning perusahaan ?
d.     Apa saja yang Strenght Weakness Opportunity Threats ? 
e.      Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Rabbani kedepanya agar perusahaanya lebih baik ?

1.2  Tujuan Penulisan
Tujuan khusus pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial dan memberikan informasi khususnya kepada seluruh teman – teman  mahasiswa semuanya yang ada dilingkungan Universitas Pasundan khususnya jurusan Ekonomi Pembangunan 2011

1.3 Metode dan Teknik Penulisan
1.3.1 Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam  makalah  ini adalah menggunakan metode deskripsi. Metode deskripsi adalah metode yang menggambarkan, memaparkan dengan menjelaskan  apa yang diperoleh dari media dan wawancara langsung.
1.3.2 Teknik Penulisan
               Teknik Penulisan yang kita gunakan adalah Studi Pustaka yaitu penulis membaca buku - buku serta sumber-sumber lainnya yang berhubungan dengan makalah ini dan wawancara lansung keperusahaan Rabbani.


BAB II
REVIEW TEORI
2.1  Profil Perusahaan
Rabbani adalah outlet busana yang di kenal oleh konsumennya sebagai penyedia busana muslim. Berdiri di kota Bandung sejak tahun 1994 yang merintis kegiatan promosinya hanya dengan sebatas lewat mulut ke mulut, penyebaran brosur dan leaflet. Setahun kemudian pada tahun 1995 pindah ke Jl. Dipatiukur. Tahun 2000 mulai adanya agen – agen penjualan dan bermunculannya outlet–outlet busana muslim lain yang menjadi pesaing, maka Rabbani pun mulai beriklan di majalah Sabili dan Ummi.
Rabbani merupakan perusahaan garment yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline Professor Kerudung Indonesia. Sewaktu awal didirikan, Rabbani ingin merubah paradigma sebagian besar masyarakat yang memandang bahwa wanita yang memakai busana muslim itu kurang modis.  CV. Rabbani Asysa (Rabbani) Berkantor pusat di Jl. Dipati Ukur No.44 Bandung dengan nomor Telp. 022-2534407; 2534558 Fax. 022-2504230.
Logo Perusahaan
Add caption
2.1  Visi, dan Misi
Visi
Menjadi Perusahaan Kerudung terbesar di dunia dan teratas dalam kualitas..
Misi
1.     Menjadi ikon mode syari’ah international.
2.     Fashion Dunia Dengan Syariah.
2.3    Struktur Organisasi
Struktur perusahaan Rabbani busana muslim terdiri dari Direktur dan wakil direktur yang dalam menjalankan operasional perusahaan di bantu oleh empat manager fungsional yaitu manager marketing, manager human general, manager finance dan accounting, dan manager produksi. Dalam menjalankan tugasnya, setiap manajer dibantu oleh bagian masing -masing depertemen seperti departemen marketing yang terdiri dari inventory, service delivery, dan marketing enlighment, marketing outlet, marketing branch, dan marketing communication. Sedangkan divisi desain berada dibawah marketing communication.

2.4 Kegiatan Usaha Rabbani.
Di awal perintisan, Rabbani hanya memiliki satu karyawan untuk melayani konsumen. Tahun berikutnya pun tidak terlalu ada perubahan dan perkembangan yang mencolok. keadaan tersebut sama sekali tidak menyurutkan motivasi dalam meningkatkan kualitas dan desain produk – produknya.
Seiring dengan berjalannya waktu, inovasi yang berbeda dengan produk pesaing akhirnya menghasilkan perkembangan yang pesat. Rabbani mulai diterima oleh pasar dan memiliki pelanggan yang terus bertambah dari hari ke hari sehingga outlet utamanya itu tidak mampu lagi menampungnya . Rabbani terpaksa membangun outlet yang lebih dengan nama Rabbani Moslem High Fashion. Tahun 2007 Rabbani berhasil membangun gedung Rabbani Holding sebagai kegiatan produksi.
Selain perubahan nama, Rabbani memfokuskan diri dalam membidik segmentasi pasarnya, Rabbani membidik pasar untuk kalangan menengah. Sedangkan perkembangan dari aspek pemasarannya, Rabbani mengembangkan strategi pemasarannya dengan pendekatan langsung ke end user (konsumen) dengan membuka dua outlet cabang (Depok tahun 2000 dan Jatinangor tahun 2004). Rabbani juga membina network pemasaran yaitu membuka mitra dealer atau distributor tunggal per kota atau kabupaten. Hal ini di tandai dengan penambahan jumlah agen dari 100 agen menjadi 185 agen pada tahun 2006 dan mengembangkan network pengembagan outlet atau reSHARE (singkatan dari “Retail Outlet Syariah” yaitu cabang Rabbani sebanyak 6 reSHARE pada tahun 2006 Rabbani melakukan ekspansi yang besar.

BAB III
ANALISIS

3.1            Faktor – faktor  yang mempengaruhi Permintaan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap produk rabbani diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal dan eksternal diantaranya sebagai berikut :

3.1.1 Faktor Internal
       a. Produk
Rabbani mempunyai keunggulan yang dapat mempengaruhi terhadap permintaan produk rabbani diantaranya model dan ragam produk. Pada model rabbani mempunyai beberapa model yang terus diperbaharui setiap saat dengan begitu rabbani mempunyai model yang banyak pada macam – macam kerudung, baju muslim maupun yang lainnya dan pada ragam produk rabbani mempunyai produk yang cukup banyak diantanya baju koko, busana anak, kastun, gamis, kerudung instan, ciput kerudung dan kaos islami.

b. Lokasi
                        Rabbani berlokasi Jl. Dipati Ukur No.44 Bandung, lokasi yang strategis membuat Rabbani sering dikunjungi konsunen. Akses untuk menuju ke rabbani sangat mudah dilalui baik memakai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi selain dari pada itu lokasi Rabbani dekat dengan kampus – kampus, kantor – kantor perusahaan baik pemerintahan dan swasta.

c. Harga
                        Harga produk Rabbani yang relatif terjangkau karena Rabbani membidik pasar untuk kalangan menengah. Harga ciput kerudung Rp. 10.000 – Rp. 25.000, kerudung instan Rp. 25.000 – Rp. 120.000, kaos islami Rp. 99.000, baju koko (kemko) Rp. 110.000 – Rp. 200.000, kastun Rp. 150.000 – Rp. 200.000, busana anak Rp. 200.000 – Rp. 250.000 dan gamis Rp. 250.000 – Rp. 400.000.
            
              
Add caption
Add caption



d. kenyamanan
                        Rabbani memiliki banyak fasilitas seperti ATM, parkir yang luas, satpam dua, cctv didalam dan diluar toko. Selain dari pada memiliki fasilitas yang banyak Rabbani juga pelayananya memuaskan dari mulai pelayanan yang ramah, sabar saat melayani konsumen. Dri kenyamanan inilah banyk konsumen yang datang keRabbani mulai dari masyarakat Bandung sendiri sampai masyarakat luar kota Bandung seperti Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan kota lainnya.

3.1.2 Faktor Eksternal
a.    Keamanan
Jika diukur dari tingkat keamanan baik didalam toko maupun diluar toko (parkiran) Rabbani merupakan tempat belanja yang cukup aman karna mempunyai dua satpam yang berpengalaman serta cctv diluar dan didalam toko yang dapat memantau semua kegiatan yang ada diRabbani. Sehingga konsumen merasa aman jika berbelanja di Rabbani.

b.    Selera
Selera setiap konsumen berbeda – beda terhadap produk Rabbani, konsumen yang datang baik bagpaker dari masyarakat Bandung dan berkelompok dari masyarakat Bandung dan luar kota Bandung sangat banyak. 

c.    Pendapatan Pengunjung
Harga produk Rabbani yang terjangkau oleh kalangan masyarakat menengah yang termasuk menengah – bawah, menengah – menengah dan menengah – atas. Pada umumnya pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi baik motor dan mobil mempunyai pendapatan yang berbeda – beda, bila dilihat dari tingkat pembelian yang tinggi maka pengendara mobil yang berbelanja banyak karena selain dari masyarakat Bandung banyakn juga masyarakat luar kota Bandung yang berbelanja menggunakan kendaraan mobil.

3.1    Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawan terhadap produk rabbani diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal dan eksternal diantaranya sebagai berikut :
3.1.1       Faktor Internal
a.     Harga barang itu sendiri
Harga barang atau produk-produk dari Rabbabi pun merupakan salah satu yang mempengaruhi penawaran produk Rabbani. Apabila harga produk Rabbani meningkat maka penawaran akan produk Rabbani akan tinggi.
b.     Inovasi
Inovasi yang dilakukan pada Rabbani akan mempengaruhi terhadap penawaran karena dengan adanya inovasi pada produk Rabbani maka produk tersebut akan bertambah sehingga penawaran terhadap produk Rabbani akan meningkat.

3.1.2          Faktor Eksternal
a.     Harga faktor produksi
Harga faktor produksi pun sangat berpengaruh terhadap penawaran dari produk Rabbani, apabila ada harga faktor produksi seperti bahan baku dan lainnya yang naik maka akan menyebabkan pengurangan penawaran dari produk Rabbani.
b.     Pesaing
Pada faktor ekternal terhadap pesaing yang dapat mempengaruhi terhadap penawaran, dengan adanya pesaing pada produk yang sama umumnya baju muslim maka akan mempengaruhi tingkat penawaran terhadap produk dari Rabbani

3.2  STP (Segmenting Targeting Positioning)     
Dari STP maka dapat diartikan adalah sebagai berikut :
1.     Segmentation: Adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
2.     Targeting: Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, budaya, pendidikan, dan penghasilan.
3.     Positioning: Apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya misalnya pada penunjang tempat penjualan produk tersebut seperti ATM, gtempat parkir yang luas dan lain sebagainya.
Dari hasil pengertian Segmenting Targeting dan Positioning maka Rabbani akan dijelaskan satu persatuan, sebagai berikut :
a.     Segmentasi 
            Rabbani tidak menetapkan wilayah sasaran geografik jadi semuanya. Dapat melayani semua segmen pasar, pendidikan, umur, aktifitas, dan pendapatan.
b.     Targeting
Khususnya beragama muslim, usia 5 tahun – 55 tahun, semua budaya yang berada di Indonesia, pendapatan < Rp. 1.600.000, dan siswa, mahasiswa, pekerja.
c.      Positioning
Rabbani cenderung lebih unggul dibandingkan produk yang sama karna dari segi penunjang dan posisi Rabbani sangat strategis seperti dekat dengan perkantoran diantaranya Telkom, Pertamina, kantor Gubernur Jawa Barat dan lain – lain, kampus diantaranya Unpad, Unikom, dan STHB, tempat makan,  3 ATM, tempat parkir yang luas, satpam 2 orang dan cctv didalam dan diluar toko. Selain dari pada itu Rabbani juga memiliki berbagai keunggulan dan berbagai jenis dalam produknya dari mulai ciput kerudung, kerudung instan, kaos islami, baju koko (kemko), kastun, busana anak dan gamis.

            3.5       Strategi
            Dari faktor – faktor yang mempengaruhi terhadap permintaan dan penawaran, analisis Segmenting Targeting Positioning dan analisis Strenght Weaknes Threats Opportunity untuk kedeapannya perusahaan Rabbani akan lebih baik (membaik) karena pada tahun selanjutnya Rabbani akan membuat kawasan terpadu yang didalamnya terdapat swalayan, pesantren, pabrik produksi, toko, perumahan dan penunjang lainnya sehingga penduduk yang menempati disana bila membutuhkan keperluan sudah disediakan dikawasan tersebut diantaranya produk dari Rabbani sudah terdapat di kawasan tersebut selain dari pada itu Rabbani juga akan membuat produk edisi umroh dan haji jadi pakaian muslim untuk keperluan umroh dan haji akan disediakan oleh Rabbani. Maka dengan begitu pada tahun selanjutnya perusahaan Rabbani akan lebih baik dan keuntungan perusahaan akan naik.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
            4.1       Kesimpulan
Rabbani adalah outlet busana yang di kenal oleh konsumennya sebagai penyedia busana muslim. Berdiri di kota Bandung sejak tahun 1994.
Faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap produk rabbani diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal dan eksternal. Faktor Internal diantaranya Produk, Lokasi, Harga, dan kenyamanan. Faktor Eksternal diantaranya Keamanan, Selera dan Pendapatan Pengunjung
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran terhadap produk rabbani diantaranya faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal diantaranya Harga barang itu sendiri dan Faktor Eksternal Harga faktor produksi
STP (Segmenting Targeting Positioning), Segmentasi, Rabbani tidak menetapkan wilayah sasaran geografik jadi semuanya. Dapat melayani semua segmen pasar, pendidikan, umur, aktifitas, dan pendapatan. Targeting, Khususnya beragama muslim, usia 5 tahun – 55 tahun, semua budaya yang berada di Indonesia, pendapatan < Rp. 1.600.000, dan siswa, mahasiswa, pekerja. Positioning, Rabbani cenderung lebih unggul dibandingkan produk yang sama karna dari segi penunjang dan posisi Rabbani sangat strategis seperti dekat dengan perkantoran diantaranya Telkom, Pertamina, kantor Gubernur Jawa Barat dan lain – lain, kampus diantaranya Unpad, Unikom, dan STHB, tempat makan,  3 ATM, tempat parkir yang luas, satpam 2 orang dan cctv didalam dan diluar toko. Selain dari pada itu Rabbani juga memiliki berbagai keunggulan dan berbagai jenis dalam produknya dari mulai ciput kerudung, kerudung instan, kaos islami, baju koko (kemko), kastun, busana anak dan gamis.

             4.2       Saran-saran
            Jika didalam makalah ini terdapat kesalahan atas kelalaian penulis, maka penulis mohon maaf yang sebesar-sebesarnya. Karena penulis sadar bahwa penulis sendiri masih jauh dari sempurna, dan sadar masih banyak kekurangan dan keterbatasan pengetahuan, sehingga makalah ini belumlah sempurna.
Senang dapat bekerja sama dan berbagi ilmu dengan teman kelompok. Terimakasih juga kepada Ibu Nani selaku Manajer produksi Rabbani yang telah membantu sehingga makalah kelompok kami bisa selesai mulai dari wawancara dengan meluangankan waktunya dan  dosen mata kuliah Ekonomi Manajerial Bapak Dr. Horas Djulius, SE.

DAFTAR PUSTAKA

Wawancara langsung dengan Manajer Produksi Rabbani


 






1 komentar: